Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Monday, June 17, 2013


Muskuloskeletal Disease (MSD) merupakan kelainan pada saraf , tendon, otot , dan struktur tubuh lainnya yang diakibatkan oleh berbagai macam sebab . Diantaranya adalah , posisi kerja yang tidak sesuai sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan akan menimbulkan kelelahan pada tubuh . Inilah yang menjadi awal penyakit musculoskeletal . untuk mencegahnya , ada 6 langkah yang diprogramkan oleh Occupational Health and Safety Consultants (OHSC) tahun 2007 diantaranya adalah sebagai berikut :
1.     Membangun pondasi menuju sukses , yaitu dengan menentukan tujuan pelaksanaan , sasaran dan ruang lingkup pelaksanaan serta membuat aturan dan tanggung jawab terhadap seluruh karyawan
2.  Mengidentifikasi faktor -faktor yang menimbulkan MSD dan faktor lainnya yang terkait , yaitu dengan melakukan survey terhadap pekerja mengenai jenis tugas yang sulit dan menyebabkan ketidaknyamanan, mengevaluasi catatan kecelakaan kerja yang pernah terjadi, mengamati jenis pekerjaan yang membutuhkan waktu yang lama, pengulangan, tenaga dan postur kerja serta menggunakan instrument-instrumen pencegahan MSD
3.  Melakukan evaluasi factor yang menyebabkan MSD, yaitu dengan mengevaluasi faktor-faktor yang telah ditemukan dengan melibatkan pekerja untuk mencari akar masalahnya dan buat kesepakatan untuk melakukan tindakan perbaikan
4.  Memilih dan melaksanakan program perbaikan untuk pencegahan MSD, yaitu dengan melakukan perubahan metode kerja , menata ulang peralatan dan area kerja untuk mengurangi resiko MSD, Libatkan karyawan untuk memberikan ide-ide agar system kerja menajdi lebih baik dan gunakan ide yang dianggap baik, hati hati memilih solusi yang pertama kali karena solusi tersebut disebut desain yang ergonomis.
5. Melakukan evaluasi kesuksesan penerapannya dan melakukan peningkatan berkelanjutan , yaitu dengan mensurvey pada pekerja apakah perubahan yang dilakukan berdampak baik atau tidak, kemudian setelah 3 – 6 bulan ditingkatkan lagi .
6.   Menyebarluaskan kesuksesan pencegahan MSD, yaitu dengan mengumumkan hasil yang telah dicapai dari usaha pencegahan MSD pada seluruh pekerja.
Itu adalah 6 langkah pencegahan MSD , pada dasarnya yang dibutuhkan adalah koordinasi dari semua anggota perusahaan untuk bersama – sama melakukan usaha pencegahan , agar suasana kerja yang nyaman terbentuk . jika susasana kerja nyaman dan pekerja merasa nyaman maka produktivitas pasti akan meningkat .

By :
Dea Natania K3 – 2D /6512040124



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments