Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Monday, June 17, 2013


Oleh Alamulyaqin R(6511040073) 

Pernahkah kalian berpikir tentang kendaraan LPG di ruang parkir monil yang tertutup ? Apa yang akan terjadi? Analisa resiko ruangan parkir  tertutup, dimana kendaraan LPG boleh parkir di tempat tersebut. Dalam hal ini, ETA (Event Tree Analysis) yang biasanya digunakan untuk menentukan 26 perbedaan dalam  skenario insiden dan kemungkinan yang akan terjadi. LPG ( Liquid Petroleum Gas) merupakan bahan bakar alternatif yang menarik untuk aplikasi otomotif, hal ini disebabkan penurunan signifikan gas rumah kaca yang hanya rugi dalam jarak dan tenaga. LPG masih dianggap lebih berbahaya daripada bensin, terutama berkenaan dengan parkir di lapangan parkir tertutup. Aspek keamanan merupakan pembatasan yang serius untuk meningkatkan penggunaan  kendaraan LPG di masyarakat.
Hanya nomor terbatas dalam skenario terburuk yang termasuk dalam analisis. Maka, dapat digunakan pencantuman simulasi CFD (Computational Fluids Dynamics). Simulasi CFD bertujuan untuk menghitung tekanan ledakan yang akan terjadi dalam ruang parkir tertutup. Simulas CFD terdapat berbagai macam 3 kategori :
1.    Simulasi untuk mempelajari tentang LPG dari tangki bahan bakar
2.    Simulasi untuk mempelajari tentang pengenceran uap awan
3.    Simulasi  untuk mempelajari tentang pembakaran uap awan

Perlu kalian ketahui tentang program CFD :
  1. FLACS merupakan program spesialis CFD yang digunakan untuk menghitung aplikasi keamanan seperti dispersi gas yang mudah terbakar atau beracun.
  2. Equivalent stoichiometric cloud size (ukuran awan setara stoikiometri) Untuk pembelajaran dispersi, evaluasi utama parameteris ukuran awan gas yang mudah terbakar.
  3. Explosion simulations (simulasi ledakan) sebuah parkir mobil tertutup (dengan akses jalan untuk masuk dan keluar dari kendaraan) dan struktur utama, misalnya, kolom dan balok, yang dimodelkan
  4. Release simulations (simulasi rilis) dilakukan tanpa konveksi paksa karena memiliki kecenderungan menipiskan uap awan mengarah ke ukuran yang lebih kecil awan stoikiometri setara
  5. Ventilation simulations (simulasi ventilasi) Empat kipas angin dimodelkan di atap di bagian belakang tempat parkir, berlawanan dengan pintu masuk dan jalan akses keluar.

Simulasi rilis telah menunjukkan bahwa rilis dari Tangki bahan bakar LPG dapat menyebabkan besar (stoikiometri setara) awan uap yang mengisi seluruh ketinggian parkir mobil  dalam kasus mengeluarkan uap dan dalam kasus bertekanan rilis kilat cair.
Simulasi ventilasi telah menunjukkan bahwa tingkat aliran tinggi luas lantai parkir mobil adalah diperlukan untuk cepat mencairkan awan uap besar yang mungkin hasil dari rilis kilat cair atau dari BLEVE.
Jika BLEVE terjadi, LPG ​​di tangki bahan bakar seketika dirilis. Rilis ini tidak disimulasikan, tapi yare dihitung berdasarkan metode empiris dijelaskan oleh van den Bosch dan Duijm.
26 skenario insiden yang berbeda telah diidentifikasi. Skenario mungkin ditemukan menjadi api kendaraan diikuti oleh api jet (setelah pembukaan katup pelepas tekanan).
Tujuh dari 26 skenario insiden telah ditemukan untuk menjadi berisiko tinggi. Lima dari skenario risiko tinggi yang diprakarsai oleh lebih dari pengisian tangki bahan bakar. Risiko tinggi yang terkait dengan skenario ini berasal dibagian dari (relatif) probabilitas tinggi lebih dari mengisi bahan bakar tangki.

Van den Schoor, Filip. Middha,Prankul. VandenBulck, Eric. 2012. Risk analysis of LPG ( liquefied petroleum gas ) vehicles in enclosed car parks. Fire Safety Journal 57  58–68



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments