Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Monday, June 17, 2013


Sejalan dengan bertumbuhnya sektor industri dan sektor pertanian skala besar selama abad terakhir ini maka bahan kimia beracun sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Kita hanya menyadari bahwa saat menggunakan bahan kimia di lingkungan kerja dan di keseharian, kita dapat melihat dan mencium bau polusi yang ditimbulkan bahan kimia tersebut. Misalnya saja di area pabrik-pabrik, kilang pengolahan minyak, maupun kendaraan bermotor pun mengeluarkan asap dan gas yang membuat orang batuk dan tersedak. Meski demikian, ada kalanya tanda polusi tidak dapat kita lihat atau kita cium. Beberapa bahan kimia dapat berpindah jauh dari tempat di mana bahan kimia itu digunakan. Bahan berbahaya dan beracun (dikenal juga dengan B3 atau bahan berbahaya dan beracun) tersebut berpindah melalui udara, tanah dan air, di dalam makanan yang kita makan, dan di dalam tubuh manusia, binatang, dan ikan.



Racun adalah suatu zat yang bekerja pada tubuh secara chemist dan fisiologi yang dalam dosis toksik tertentu selalu menyebabkan gangguan fungsi tubuh, yang dapat menyebabkan penyakit bahkan kematian. Bahan toksik merupakan bahan yang yang dapat menyebabkan efek serius, akut maupun kronik, bahkan kematian apabila dihirup, ditelan, atau terserap melalui kulit karena racunnya bereaksi dengan komponen selular tubuh sehingga fungsi metabolisme terganggu dan menimbulkan efek-efek tertentu. Para ilmuwan kemudian mempelajari dampak bahan tersebut yang dimungkinkan mempunyai efek yang mematikan secara mendadak (akut) ataupun menahun (kronis) pada makhluk hidup.

Namun, bahan beracun juga diklasifikasikan berdasarkan bentuk dan sifatnya, antara lain:
·           Logam (Pb, Hg, Cr, Cd, As, P)
·           Bahan Pelarut (Bensin, minyak tanah, kloroform)
·           Karsinogenik (Benzena, Asbes, Cr, Vinil Klorida
·           Gas Beracun (N2, Argon, He, CO2, HCN, H2S, CO, Nitrogen Oksida)
·           Pestisida (Organoklorin, dan Organofosfat)


Gambar 2.  Ilustrasi yang menunjukkan jenis-jenis bahan-bahan kimia beracun dan bahaya nya bagi tubuh manusia


Beberapa organ tubuh dipengaruhi akibat pemaparan oleh bahan beracun. Berikut istilah efek dari bahan beracun pada organ tubuh:
  • Hepatotoksin: Substansi toksik dapat menyebabkan efek ke hati, yang disebut sebagai hepatotoksik. Hati adalah organ utama untuk metabolisme, detoksifikasi dan eliminasi beberapa substansi toksik begitu absorbsi terjadi. Oleh karena itu jelas, bahwa beberapa substansi adalah hepatotoksik. Beberapa contoh adalah: khloroform, etilen dibromida dan vinil khlorida.
  • Nephrotoksin: Substansi-substansi ini menyebabkan efek pada hati, contohnya kadmium, merkuri, toluen dan parakuat.
  • Neurotoksin: Menyebabkan efek ke sistem saraf pusat dan perifer , misalnya: timbale dan pestisida.
  • Haematoksin: Benzene and arsen menyebabkan efek pada sel darah dan sum-sum tulang.
  • Immunotoksin: Berefek pada sistem imunitas.
  • Pulmonotoksin: Menyebabkan efek pada paru-paru, contohnya: debu silica dan serat asbestos.

Berikut merupakan respon yang dihasilkan akibat dari pemaparan, absorpsi, distribusi, akumulasi substansi bahan beracun pada tubuh adalah:
  • Kanker atau Tumor yang tidak terkendali dapat menyebar ke organ lain di tubuh. Substansi toksik yang menyebabkan efek ini disebut karsinogenik, misal: asbestos dan coal tar pitch volatiles.
  • Cacat lahir: Substansi yang menyebabkan abnormalitas pada perkembangan fetus disebut teratogen, seperti thalidomide.
  • Mutasi: Perubahan materi genetis pada sel
  • Iritasi yaitu perusakan jaringan oleh suatu substansi dan normalnya akan terkembalikan.
  • Asphyksiant: Yaitu substansi yang mengganggu oksigenasi jaringan.
    • Simple asphyxiants adalah substansi gas, yang melarutkan atau mengambil tempat oksigen atmosferik menjadi di bawah level yang dibutuhkan untuk memberlanjutkan respirasi jaringan. Jika level menjadi sangat rendah maka bisa menyebabkan kematian. Contoh: karbon dioksida dan nitrogen.
    • Chemical asphyxiants mencegah pengambilan oksigen oleh darah, atau mengganggu transportasi oksigen dari paru-paru ke jaringan, atau mencegah oksigenasi normal jaringan. Contoh: karbon monokside and hidrogen sianida.


Penggunaan substansi toksik di tempat kerja tidak secara langsung menghasilkan efek kesehatan yang negatif terhadap pekerja yang terpapar, karena tergantung dari karakteristik bahaya dan tingkat resiko substansi (zat kimia) tersebut. Dimana bahaya dinyatakan sebagai bahan yang berisiko dan  menyebabkan kerusakan/luka/penyakit karena penggunaannya.

Beberapa faktor seperti rute pemasukan ke dalam tubuh, durasi paparan, dosis, status fisik substansi, usia, jenis kelamin dan status fisik pekerja, semuanya dapat mempengaruhi tingkat resiko dari suatu bahaya. Dengan penanganan yang tepat, bahan toksik tinggi dapat digunakan secara aman. Sebaliknya, bahan kimia kurang toksik dapat ekstrim berbahaya jika ditangani tidak tepat.
Kecelakaan karena bahan beracun dapat terjadi secara cepat dan sering terjadi. Kunci untuk mencegah kecelakaan ini adalah dengan pengetahuan dan kesadaran. Begitu bahaya diketahui, maka resiko kecelakaan dapat dikurangi secara signifikan dengan menggunakan praktik kerja yang aman sesuai prosedur dan taat menggunakan APD untuk meminimalkan dampak kecelakaan yang disebabkan oleh bahan kimia yang beracun.


Referensi:
  • Harrington, JM dan FS. Gill. 1995. Buku Saku Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran Indonesia
  • IDKI. 1993. Kesehatan dan Penyakit Akibat Kerja. Jakarta: Jakarta Press
  • Lestari, Fatma. 2003. Bahaya Kimia; Sampling dan Pengukuran Kontaminan Kimia. Jakarta: Penerbit Buku Kedokeran Indonesia
DOleh: Marsha S. (Kelompok 3)

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. The best price of titanium coins & slot machines at the best price
    Looking titanium earring posts for the best price for hypoallergenic titanium earrings titanium coins & slot machines at titanium trim the titanium damascus knives best price? We are at the top of the list with an titanium trim hair cutter expert price.

    ReplyDelete