- Home »
- Safety Journals »
- Cara Menganalisa Resiko Kendaraan LPG di Tempat Parkir Mobil Tertutup
Safety Engineering - PPNS - ITS
On Monday, June 17, 2013
Oleh Alamulyaqin R(6511040073)
Pernahkah
kalian berpikir tentang kendaraan LPG di ruang parkir monil yang tertutup ? Apa
yang akan terjadi? Analisa resiko ruangan parkir tertutup, dimana kendaraan LPG boleh parkir di
tempat tersebut. Dalam hal ini, ETA (Event Tree Analysis) yang biasanya
digunakan untuk menentukan 26 perbedaan dalam
skenario insiden dan kemungkinan yang akan terjadi. LPG ( Liquid
Petroleum Gas) merupakan bahan bakar alternatif yang menarik untuk aplikasi
otomotif, hal ini disebabkan penurunan signifikan gas rumah kaca yang hanya
rugi dalam jarak dan tenaga. LPG masih dianggap lebih berbahaya daripada
bensin, terutama berkenaan dengan parkir di lapangan parkir tertutup. Aspek
keamanan merupakan pembatasan yang serius untuk meningkatkan penggunaan kendaraan LPG di masyarakat.
Hanya nomor
terbatas dalam skenario terburuk yang termasuk dalam analisis. Maka, dapat
digunakan pencantuman simulasi CFD (Computational Fluids Dynamics). Simulasi
CFD bertujuan untuk menghitung tekanan ledakan yang akan terjadi dalam ruang
parkir tertutup. Simulas CFD terdapat berbagai macam 3 kategori :
1. Simulasi
untuk mempelajari tentang LPG dari tangki bahan bakar
2. Simulasi
untuk mempelajari tentang pengenceran uap awan
3. Simulasi untuk mempelajari tentang pembakaran uap awan
Perlu kalian ketahui tentang
program CFD :
- FLACS merupakan program spesialis CFD yang digunakan untuk menghitung aplikasi keamanan seperti dispersi gas yang mudah terbakar atau beracun.
- Equivalent stoichiometric cloud size (ukuran awan setara stoikiometri) Untuk pembelajaran dispersi, evaluasi utama parameteris ukuran awan gas yang mudah terbakar.
- Explosion simulations (simulasi ledakan) sebuah parkir mobil tertutup (dengan akses jalan untuk masuk dan keluar dari kendaraan) dan struktur utama, misalnya, kolom dan balok, yang dimodelkan
- Release simulations (simulasi rilis) dilakukan tanpa konveksi paksa karena memiliki kecenderungan menipiskan uap awan mengarah ke ukuran yang lebih kecil awan stoikiometri setara
- Ventilation simulations (simulasi ventilasi) Empat kipas angin dimodelkan di atap di bagian belakang tempat parkir, berlawanan dengan pintu masuk dan jalan akses keluar.
Simulasi rilis
telah menunjukkan bahwa rilis dari Tangki bahan bakar LPG dapat menyebabkan
besar (stoikiometri setara) awan uap yang mengisi seluruh ketinggian parkir
mobil dalam kasus mengeluarkan uap dan
dalam kasus bertekanan rilis kilat cair.
Simulasi
ventilasi telah menunjukkan bahwa tingkat aliran tinggi luas lantai parkir
mobil adalah diperlukan untuk cepat mencairkan awan uap besar yang mungkin
hasil dari rilis kilat cair atau dari BLEVE.
Jika BLEVE
terjadi, LPG di tangki bahan bakar seketika dirilis. Rilis ini tidak
disimulasikan, tapi yare dihitung berdasarkan metode empiris dijelaskan oleh
van den Bosch dan Duijm.
26 skenario
insiden yang berbeda telah diidentifikasi. Skenario mungkin ditemukan menjadi
api kendaraan diikuti oleh api jet (setelah pembukaan katup pelepas tekanan).
Tujuh dari 26
skenario insiden telah ditemukan untuk menjadi berisiko tinggi. Lima dari
skenario risiko tinggi yang diprakarsai oleh lebih dari pengisian tangki bahan
bakar. Risiko tinggi yang terkait dengan skenario ini berasal dibagian dari
(relatif) probabilitas tinggi lebih dari mengisi bahan bakar tangki.
Van den Schoor, Filip. Middha,Prankul. VandenBulck,
Eric. 2012. Risk analysis of LPG ( liquefied petroleum gas
) vehicles in enclosed car parks. Fire Safety Journal 57 58–68