Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Monday, June 17, 2013

                                                                Oleh : widiyawati


Ledakan itu suatu peristiwa dimana proses terlepasnya energy/gas secara mendadak disertai oleh suhu yang tinggi, goncangan yang hebat dan suara ang sangat keras.
Nah, sekarang kita udah tau kan arti ledakan itu apa?.. Sekarang perlu kita ketahui jenis-jenis dari ledakan. Ledakan itu ada 3 jenis teman-teman.. yaitu:
  • Ledakan mekanis adalah terjadinya ledakan akibat peralihan suhu pada suatu bahan secara berangsur-angsur yang mengakibatkan tekanan yang sangat tinggi sehingga melampaui batas kemampuan daya tahan struktur kemasan. Contohnya, ledakan ketel uap, ledakan ban pecah dll.
  • Ledakan kimia adalah suatu ledakan yang terjadi akibat adanya perubahan struktur kimia padat, cair, gas atau campuran yang berlangsung dalam waktu yang singkat. Secara keseluruhannya berubah menjadi gas dengan disertai efek panas dan tekanan yang sangat tinggi.
  • Ledakan nuklir adalah suatu ledakan yang terjadi akibat reaksi fisi nulir ( pembelahan inti atom ) dan fusi nuklir ( penggabungan inti atom ).


Selain itu, ledakan dapat menimbulkan efek yang merugikan kita. Ada 5 efek/dampak dari ledakan yaitu :
1.      Over Pressure ( tekanan yang berlebihan )
2.      Fragmentation ( pecahan )
3.      Impact (daya dorong)
4.      Heat ( panas )
5.      Biologi, Kimia Radiologi
Eksperimental yang dilakukan dari penelitian ini:

Peralatan eksperimen kami yang digunakan dalam pengujianbatas parameter di bawah situasi multikomponencampuran gas ledak terdiri dariSistem terdiri dari reaktor ledakan tekanan tinggi, distribusi gas, pengapian dan peralatan pengukuran.
Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa :
1. Ketika CO2 ditambahkan ke CH4/H2 = 10/1 dan campuran gas CH4/C2H4 = 10/1, batas ledakan yangekstensif terpengaruh. Setelah menambahkan CO2, ledakanbatas CH4/H2 (atau C2H4) = gas 10/1 mudah terbakarCampuran jelas menurun dengan meningkatnya jumlahCO2, ketika jumlah relatif CO2 lebih dari25%, yang = campuran gas 10/1 mudah terbakar CH4/C2H4 akantidak meledak. Ketika jumlah CO2 melebihi 23%,yang = 10/1 campuran gas yang mudah terbakar CH4/H2 tidak akanmeledak.
2.  Sebaliknya yang lain, kami menganalisis ledakanbatas CH4 + CO  dan CH4 + C2H4 ganda peledakCampuran gas dan efek penekanan ledakan merekasaat menambahkan CO2 atau N2. Daerah ledakanbatas dari campuran gas menurun secara bertahap denganmeningkatkan jumlah CO2 atau N2. Di bawah samakondisi, efek penekanan ledakan CO2lebih besar dari N2.

Referensi

Li MA, Yang XIAO, Jun DENG, Qiuhong WANG.2010.Effect of CO2 on explosion limits of flammable gases in goafs, Mining Science and Technology 20. 0193–0197.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments