Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Wednesday, May 22, 2013


Apa sih budaya itu ??
Akar kata budaya adalah kata Latin "Colore", yang berarti mengolah. Budaya tidak memiliki makna tetap atau luas yang telah disepakati, bahkan dalam antropologi. "Budaya adalah sebagai sesuatu yang signifikan dan kompleks karena sulit untuk memahami dan digunakan dengan cara bijaksana" (Alvesson, 2002).
Budaya dibagi antar orang dan terdiri dari elemen bersama seperti misalnya, bahasa dan sikap yang dimiliki antara anggota kelompok, dan ditransfer antara orang-orang dari satu generasi ke generasi lain. Budaya adalah kompleks dan harus dianalisis pada tingkat yang berbeda untuk bisa dipahami sepenuhnya.  
Artikel ini melaporkan penelitian kualitatif wawancara 31 karyawan, dengan bahkan tanpa adanya tanggung jawab kepemimpinan, yang bekerja di sebuah perusahaan minyak Norwegia. Merupakan sebuah studi tentang budaya keselamatan dan kesehatan kerja (HSE) di lingkungan perusahaan minyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana  para pekerja dikonseptualisasikan konsep dan aspek yang berbeda dari budaya HSE dan ada perbedaan pendapat antar informan. Ada 3 cara yg digunakan oleh informan. Pertama deskriptif, kedua deskriptif secara negative dan positif , ketiga menggunakan konsep kausal dan sistemik yang telah digunakan. Hal ini menggambarkan hasil penting penelitian, manajer, dan karyawan adalah mitra dalam system hubungan timbale balik dan mereka memiliki peran dan tindakan yang berbeda dalam pekerjaan HSE.
Penafsiran ekspresi budaya HSE adalah penting karena mempengaruhi para pekerja yang dengan tanpa tanggung jawab kepemimpinan berhubungan dengan budaya keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan perusahaan minyak dan isu – isu dilingkungan kerja. Diusulkan bahwa budaya HSE deselidiki lebih rinci dan interaksi keselamatan dan kesehatan juga isu – isu di lingkungan kerja dan bagaimana mereka diprioritaskan dalam hubungan satu sama laindalam hubungannya dengan tujuan organisasi lainnya. Misalnya produktivitas, keuangan, bisa menjadi perkembangan penting dari pemahaman kita tentang bagaimana organisasi social menjawab mendefinisikan dan mengartikulasikan nilai-nilai mereka dan melakukan bisnis mereka.


Putri Ayu Kusumaningtyas
6512040109


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments