Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Monday, June 17, 2013


S
aat ini, pemadaman api dapat dilakukan dengan berbagai cara atau system. Salah satu pemadaman api biasa dilakukan dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan APAR. APAR sendiri memiliki berbagai macam media pemadam yang telah dikembangkan guna untuk keefektifan dan keefisiensian dalam pemadaman api pada waktu dini. Kini media pemadam api dapat digolongkan menjadi air, busa, gas, dan dry powder. Saat ini peneliti dari University of Science and Technology of China telah mengembangkan media pemadam dry powder untuk meningkatkan kinerja pencegah kebakaran.  Partikel pemadam api jenis baru dengan struktur inti-shell, dimana zeolite dikemas dalam shell partikel sodium bikarbonat(NaHCO3)berukuran nano. Dalam sebuah tes laboratorium menunjukkan bahwa partikel ini memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan partikel sodium bikarbonat konvensional.
            Dewasa ini, pemadaman api menggunakan dry powder banyak menyedot perhatian dan minat dalam pemadaman api. Bagaimana tidak? Dry powder memiliki banyak kelebihan dalam pemadaman api. Dry powder dapat merusak reaksi kimia pada api, dry powder juga dapat berfungsi sebagai penyelimut. Dry powder dapat membuat penghalang agar O2 yang ada di lingkungan tidak dapat ikut bereaksi terhadap api karena api yang terselimuti oleh partikel dry powder. Kelebihan lain dari dry powder yaitu merupakan media pemadam api yang aman bagi makhluk hidup di sekitarnya karena media ini bersifat non toxic. Selain bersifat non-toxic  dry chemical juga memiliki kegunaan yang luas. Dry powder dapat digunakan pada kebakaran tipe A, B, dan C. Kebakaran tipe A yaitu kebakaran yang dikarenakan benda padat kecuali logam (kayu, kertas, plastic, dll). Kebakaran tipe B yaitu kebakaran yang dikarenakan zat cair (minyak, bensin, solar, dll). Kebakaran tipe C yaitu kebakaran yang dikarenakan peralatan listrik (computer, mesin fotocopy, dll). Selain itu media ini dapat menahan radiasi panas dengan kabut partikelnya. Media ini juga sangat efektif untuk area kebakaran yang tidak terjangkau oleh air. Dry powder dapat dimasukkan ke dalam APAR, dibawa dan digunakan sebagai pengganti air.
Umumnya media pemadam dry powder yang berupa sodium bikarbonat memiliki ukuran partikel yang cukup besar yaitu (10–75m), sehingga memiliki luas permukaan yang kecil dan waktu yang singkat terhadap api. Untuk itu peneliti dari University of Science and Technology of China memperkecil ukuran hingga partikel berukuran nano. Ternyata efisiensi media dalam pemadaman naik secara signifikan.  Sayangnya karena ukuran yang s  angat kecil membuat NaHCO3 tersebut lebih mudah untuk menggumpal. Untuk menanganinya maka NaHCO3 dibungkus dalam media lain yaitu zeolite. Zeolite ​​adalah kristal, mikro (alumino) silikat yang telah banyak digunakan dalam berbagai bidang karena struktur mereka yang unik, luas permukaan yang besar, kapasitas adsorpsi yang baik dan kepadatan yang rendah. Dengan penggabungan dua komponen ini maka permasalahan yang sebelumnya dapat teratasi dan dengan percobaan yang telah dilakukan telah dilakukan didapatkan hasil yang memuaskan dari pemadaman api oleh /zeolite jika dibandingkan media dry powder lainnya. Hasil tersebut adalah sebagai berikut :

Samples
Komposisi
Ukuran Partikel (m)
Surface Area (/g)
Ukuran pori-pori rata- rata ()
Waktu
()
Jumlah media terpakai
()
A
zeolite
0.8 – 1.0
42.3
12.8
2.5
19.5
B
BC Powder
2.0 – 4.0
11.8
36.9
4.6
34.4
C
4.0 – 8.0
3.5
7.2
49.9
D
Zeolite 13X
0.8 – 1.0
266.3
2.58
E
/zeolite
0.8 – 1.0
40.1
10.6
2.8
22.1

            Ternyata terbukti  /zeolite memiliki kemampuan yang menjanjikan untuk memadamkan api dibandingkan dengan media pemadam dry powder lainnya. Media ini ternyata lebih baik dalam menangkap api radikal dan memadamkannya. Kalau sudah begini tentu pemadaman api juga akan lebih mudah bukan.

Bagas Kencana Yulindra
6511040080
K3-4C

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments