Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Monday, June 17, 2013


Oleh: Dayinta Kalyana
Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2011


Tidak dapat dipungkiri bahwa di era globalisasi ini semua sistem semakin berkembang, termasuk juga dengan adanya banyak perbaikan sarana dan konstruksi. Tak jarang pula pada proses perbaikan ulang ini terjadi kesalahan (human error) yang menyebabkan awal timbulnya suatu kebakaran. Oleh karena itu perlu adanya media pemadam yang tepat untuk menggulangi kebakaran pada konstruksi.
Penggunaan alat pemadam kebakaran berupa air kabut menjadi suatu kajian baru untuk bisa diterapkan pada proteksi kebakaran bangunan bersejarah karena sifatnya yang ringan dan flexibel serta karakteristik kabut air (seperti kepadatan fluks air, kecepatan tetesan dan diameter) yang mampu memadamkan bahan-bahan kelas A dan kelas B.
Selain itu ada persyaratan dasar untuk memadamkan api yaitu dengan memperhatikan jarak antara titik api dan pemadam (minimal 2,5 meter), arah angin (harus searah dengan arah angin) serta kuat semprotan kabut air yang  keluar dari nozzel harus bisa mencapai kobaran api dan permukaan. Jadi jika semprotan air kabut yang keluar dari nozzel dapat menjangkau titik api maka api dapat segera dipadamkan tetapi sebaliknya jika jarak antara titik api dan pemadam terlalu jauh ,semprotan air kabut tidak dapat menjangkau api dengan optimal maka butuh waktu lama untuk bisa memadamkan kebakaran tersebut.
Jadi bisa ditarik suatu kesimpulan bahwa alat pemadam api air kabut ini bisa menjadi sarana perlindungan yang tepat untuk mengatasi potensi kebakaran pada bangunan-bangunan bersejarah dengan mekanisme pemadaman yang benar.

Referensi : Z. Xiaomeng et al. / Journal of Cultural Heritage 11 (2010) 392–397, Study of fire-extinguishing performance of portable water-mist fire extinguisher in historical buildings.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments