Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Monday, June 17, 2013


Oleh : Lingga Mustika C / k3 - 4C / 6511040067

Anda pernah pergi ke mall ? Apa tujuan anda pergi ke mall ? Menghabiskan waktu senggang bersama teman – teman terdekat anda bukan ? Nah sekarang bayangkan apabila mall yang syarat akan hiburan dan pengunjung tersebut terjadi kebakaran didalamnya ? Berapa banyak materi , korban maupun orang yang merasa dirugikan atas bencana kebaran tersebut ?  Karena pada dasarnya Kebakaran merupakan bencana ilmiah yang tidak dikehendaki semua orang. Kebakaran tidak mengenal siapapun dan apapun, entah itu orang, hutan, rumah, pabrik hingga perusahaan besar dan pusat perbenjalaan bisa saja terkena bencana kebakaran . Dengan Semakin banyaknya bencana kebakaran yang terjadi di seluruh penjuru dunia maka perkembangan teknologi pencegahan maupun pemadaman kebakaran semakin lazim di lakukan mulai dari yang sederhana seperti karung goni hingga media pemadam kebakaran yang modern seperti sprinkle, hidrant dan perusahaan pemadam kebakaran yang besar .
            Baru – baru ini telah dilakukan sebuah riset mengenai sistem pencegahan kebakaran berupa springkle pada bangunan komersil di sebuah mall bernama “Futurum” di republik ceko . Futurum sendiri merupakan sebuah mall yang menggunakan beton sebagai bahan utama pembangunannya. Bagian dalam Futurum mall yakni ; Lantai pertama dan kedua digunakan sebagai pusat pertokoan sedangkan lantai ketiga digunakan sebagai area parkir mobil.
            Nah setelah mengetahui struktur bangunan futurum, sekarang saatnya mengetahui bagaimana proses pendesainan alat pemadam apinya. Riset ini mengangkat bagaimana sebuah bangunan komersil mencegah kebakaran dengan menggunakan sistem sprinkle , detektor api otomatis dan detektor asap. Pertokoan yang digunakan sebagai sebagai obyek telah dipilih berdasarkan dari ukuran yang besar hingga terkecil dengan lama pemadaman terhadap api maksimal 30 menit .
            Suhu dan gas yang digunakan pada pertokoan yang menjadi obyek telah dihitung menggunakan sebuah perangkat lunak bernama OZone . Massa api yang ada pada bangunan pertokoan telah dievaluasi berdasarkan CSN EN 1991 – 1 – 2  yang juga menjelaskan densitas dari qf,k 1460 MJ/ m2   dan rata – rata panas yang dilepaskan sebesar RHRf 500 kW/m.  Hasil yang diperoleh dari perhitungan model diatas menjelaskan bahwa suhu yang ada didalam futurum mall sangat aman karena jauh dari titik nyala api karena dibangun menggunakan baja yang mempunyai suhu maksimum 366 ° C.
Kesimpulan :
Futurum Mall sudah sangat memenui tingkat keamanan karena sudah di lengkapi dengan springkle di atap – atapnya yang terbukti secara efektif mencegah terjadinya flashover pada saat kebakaran dan dapat mematikan sisa api secara tepat. Dan temperatur baja yang telah dihitung menurut perangkat lunak Ozone Software sangat rendah jadi tidak akan menimbulkan flashover pada saat kebakaran. Springkle pada bangunan di pasang di atap – atap sehingga pada saat kebakaran terjadi secara tiba – tiba nozzle – nozzle springkle secara langsung menyemprotkan air dengan bentuk payung sehingga api cepat untuk dipadamkan .

 

Reference:
Outlinen, Samec, Sokol. 2012. Research on Fire Protection Methods and Case Study “Futurum”. Procedia Engineering 40. 339 – 344


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments