Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Wednesday, May 22, 2013



Iklim psikologi sangat erat hubungannya dengan hasil kerja tiap individu, khususnya bagi keselamatan para pekerja. Iklim psikologi merupakan kondisi yang penting bagi para pekerja sehari-hari. Hal ini dikatakan penting karena situasi seperti ini sangat berpengaruh dengan pekerjaan yang dilakukan.
Berdasarkan kuisioner yang diisi oleh pekerja bidang industri konstruksi ( pekerja terowongan di bawah bagian tengah Gothenburg ), menyatakan bahwa pekerja konstruksi kerah biru ( N=189 ). Data dianalisis dengan menggunakan persamaan strukturaltion modeling ( SEM ). Hasil penelitian menunjukan bahwa iklim psikologis mempunyai hubungan langsung dan tidak langsung terhadap perilaku keselamatan, dan motifasi keselamatan dan pengetahuan keselamatan ditemukan menjadi kunci mediator dalam menjelaskan hubungan ini.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memprediksi hasil terkait dengan tingkat keselamatan pekerja dalam rangka memberikan keselamatan yang berharga. Istilah iklim psikologi mengacu pada presepsi individual dan lingkungan kerja, hal tersebut menunjukkan hubungannya dengan hasil kerja. Iklim psikologi mencakup dimensi karakteristik pekerjaan dan peran, karakteristik kepemimpinan, karakteristik workgroup dan subsistem, karakteristik organisasi.
Jadi, dapat disimpulkan mengapa iklim psikologis sangat berpengaruh terhadap safety behaviour hal ini dikarenakan iklim psikologis menyiratkan bahwa individu dapat melakukan karyanya dalam lingkungan kerja yang mendukung dimana dia merasa nyaman dengan sesama pekerja dan berbagai ketrampilan yang telah dilakukan diakui oleh pekerja lain.  Sistem manajemen juga mempengaruhi iklim psikologis pekerja. Jadi perlu diadakan latihan kepemimpinan bagi para pekerja untuk meningkatkan keselamatan di tempat kerja.
 Jadi dari semua bahasan diatas dapat disimpulkan bahwa iklim psikologis mempengaruhi keselamatan di tempat kerja. 

Sintya Pangesti Putri 
6512040126

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments