Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Wednesday, May 22, 2013




          
           Pada era modern seperti ini, kebutuhan manusia akan semakin meningkat. Gaya hidup mereka pun akan berubah seiring perkembangan jaman. Tidak hanya orang dewasa, tidak sedikit kaum remaja yang rela menghabiskan uangnya demi memiliki barang-barang yang modern. Oleh sebab itu, tidak heran banyak remaja yang rela bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup yang modern seperti saat ini.

            Seiring banyaknya kaum remaja yang bekerja, banyak pula kecelakaan kerja yang terjadi pada para pekerja muda tersebut. Menurut penelitian di Australia, tidak sedikit pekerja muda di Australia yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. Sebayak 17% dari total pekerja di Australia adalah para pekerja muda, yang usianya berkisar antara 15-24 tahun. Kebanyakan dari mereka bekerja pada bidang perdagangan ritel, kehutanan, transportasi dan juga sector industry perminyakan. Pada penelitian kecelakaan pada pekerja muda di Australia ini, data diperoleh dari system informasi coronial nasional (NCIS) pada juli tahun 2000 hingga juni tahun 2007. Selama tujuh tahun tersebut, sebanyak 232 remaja terluka akibat pekerjaan.

            Ada tiga jenis pekerjaan yang membedakan disini, yang pertama yaitu kecelakaan yang terjadi di tempat kerja, yang kedua yaitu kecelakaa yang terjadi diluar tempat kerja, dan yang terakhir adalah kecelakaan yang terjadi akibat proses pekerjaan. Kecelakaan di tempat kerja merupakan penyumbang terbesar kematian pada pekerja muda, yaitu 148 orang. Sedangkan untuk kecelakaan diluar tempat kerja dan kecelakaan akibat proses pekerjaan masing-masing menyumbang 67 dan 17 orang. Dalam hal ini kita dapat melihat bahwa kecelakaan di tempat kerja merupakan faktor paling tinggi penyumbang kecelakaan pada pekerja muda di Australia. Hal ini disebabkanoleh faktor-faktor resiko yang dibuat oleh para pekerja sendiri, termasuk masa singkat bekerja, bekerja tidak sesuai aturan, pelatihan yang tidak memadai, kurangnya pengawasan, dan juga faktor pengalaman yang kurang. Mengapa hal ini bias terjadi ? hal ini disebabkan oleh faktor remaja tersebut, karena pada usia remaja seseorang cenderung masih ingin mencoba hal-hal baru, hal itu akan menyebabkan mereka akan mudah berganti tempat kerja yang akan berpengaruh pada kinerja mereka di tempat kerja. Hal itu akan mengakibatkan pula para pekerja akan lebih sering beradaptasi pada pekerjaan barunya yang memiliki resiko pekerjaan yang berbeda-beda pula. Selain itu, para pekerja muda biasanya kurang memerhatikan peraturan yang ada dan juga kurang berhati-hati dalam bekerja, akibatnya banyak terjadi kecelaaan yang terjadi. Yang kedua yaitu kecelakaan di luar tempat kerja. Pada kecelakaan ini, sekitar 90% disebabkan oleh mekanisme yang berhubungan dengan transportasi. Dalam hal ini, tingkat kehati-hatian dan kesadaran akan aturan-aturan yang ada perlu ditingkatkan dikalangan pekerja muda agar bisa menekan tingkat kecelakaan yang terjadi. Yang terakhir yaitu kecelakaan akibat proses pekerjaan. Pada kecelakaan ini, korbannya bukanpara pekerja sendiri, melainkan orang-orang yang berada pada lingkungan proses pekerjaan yang ada. Dari data penelitian, pada kecelakaan akibat proses pekerjaan menyumbang korban yang paling sedikit, tetapi kecelakaan ini seharusnya bisa dihindari dengan cara meningkatkan pengawasan pekerjaan terhadap lingkungan sekitar.

            Dari penelitian tersebut, di dapat bahwa kematian pekerja muda banyak terjadi pada laki-laki, yaitu sebanyak 89%. Penelitian menunjukkan bahwa kecelakaan tertinggi terjadi disebabkan oleh paparan pekerjaan beresiko tinggi. Pekerjaan beresiko tinggi bagi para pekerja antara lain yaitu pertanian, kehutanan dan perikanan industry, transportasi, pos dan industry pergudangan, dan sektor industry pertambangan. Jadi, untuk menekan terjadinya kecelakaan pada pekerja muda tersebut, perlu di tingkatkan pelatihan terhadap para pekerja, dan juga kesadaran akan aturan-aturan yang ada. Se;ain itu kehati-hatian juga perlu ditingkatkan, dan juga pengawasan terhadap lingkungan kerja juga perlu ditingkatkan agar tidak terjadi kecelakaan terhadap orang-orang yang ada di sekitar tempat kerja.

Oleh: M. Ludfi
NRP: 6512040122 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments