Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Tuesday, May 21, 2013



Apa itu hardware ???
Hardware adalah perangkat keras, seperti mesin, komputer, dll.
Pada kehidupan saat  ini, mesin atau komputer sudah menjadi suatu alat umum yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk membantu keperluan mereka.Namun, ada sebagian masyarakat
umum yang beranggapan bahwa hardware tidak selalu membantu mereka.Karena itu semua tergntung hardware yang mereka gunakan itu tergolong hardware yang “ Canggih ” atau “ Tidak “.Padahal hal tersebut belum tentu kebenarannya, karena tidak semua hardware canggih lebih bisa mempermudah kita dalam melakukan suatu pekerjaan.Mengapa demikian ???

Dari opini-opini tersebut,  diadakan suatu penelitian yang berguna membuat pelajaran untuk keamanan dan keselamatan yang memberikan informasi penting untuk membangun sistem yang lebih aman.Untuk membantu sistem tersebut, penilitian ini mengembangkan sebuah model Failure Mode Effect Analysis (FMEA) dan Analisis Efek dan model Modus Tiga-Frame ( Leveson et al.,1997 ) . Dimana model FMEA dirancang untuk mendukung analisis dari penyebab kegagalan.Model tersebut ditunjukkan pada gambar berikut.




Gb.1 Mode yang terintegrasi FMEA
Sedangkan untuk model Modus Tiga-Frame ini digunakan untuk menunjukkan kebingungan pada kesalahan perangkat lunak yang dapat dilihat dari kondisi bingkai yang tidak konsisten dengan bingkai fisiknya.Hal tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini.




Gb.2 Model Model Tiga-Frame untuk modus kebingungan

          Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa kegagalan-kegagalan tersebut terjadi akibat kesalahan pada hardware, manusia, software desain dan masalah perangkat keras lainnya.Hal ini dapat dibuktikan pada grafik berikut.




Gb.3 Persentase jenis kesalahan


Dari grafik tersebut, dapat disimpulkan bahwa yang menjadi penyebab utama kegagalan pada kasus ini adalah kesalahan pada hardware dan faktor manusianya.


Oleh: Nisa' Baitarrisqi
6512040127

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments