Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Monday, June 17, 2013


Oleh  : Patut Tua Parulian Butar-Butar
Reserved: PERNAKAH anda melihat kebakaran tangki dengan skala yang besar???

KEbakaran adalah suatu fenomena yang terjadi ketika suatu bahan mencapai temperature kritis dan bereaksi secara kimia dengan oksigen sehingga dapat menghasilkan panas,nyala api,asap,karbon monoksida dan produk lain.
Teringat dengan pembangunan ekonomi yang cepat dan berkelanjutan di Cina dan meningkatkan kebutuhan untuk minyak mentah, penyimpanan strategis minyak mentah di Cina telah meningkat jelas beberapa  tahun terahir. Depot penyimpanan minyak mentah Skala besar beresiko tinggi terhadap ledakan dan  kecelakaan kebakaran.Sifat bahan minyak mentah yang mudah terbakar adalah salah satu alasan utama untuk risiko tinggi terjadinya kebakaran.
Taukah anda,Menurut data statistik kecelakaan di Cina (API),kebakaran tangki dalam industri minyak kimia dan domestik menunjukkan bahwa kecelakan kebakaran tangki minyak mentah berkontribusi sebesar 40%,diantaranya 22 kecelakaan kebakaran permukaan penuh antara tangki skala besar.API menyimpulkan bahwa kecelakaan kebakaran pada tahun 1951-1995 berjumlah 27%, dan diameter  tangki yang digunakan  antara 30.5-100 m.
Oleh karena itu, risiko tinggi kebakaran tangki  skala besar tidak dapat diabaikan dan itu adalah pekerjaan penting bagi departemen penelitian kebakaran minyak mentah  dalam skala mentah untuk mempelajari bagaimana untuk menangani kebakaran permukaan penuh tangki atap terapung skala besar.
Nah,yang menjadi pertanyaan,bagaimana cara mengantisipasi dan mencegah agar kebakaran tangki atap terapung skala besar tidak terjadi lagi?
 Menurut "Kode desain untuk ekspansi busa sistem pemadam rendah" dan hasil studi di luar negeri,sistem pemadaman kebakaran dihitung dan dirancang untuk menangani kebakaran permukaan penuh tangki skala besar.Karakter Permukaan Api Penuh Tangki atap terapung Skala besar:
1.      Karena minyak mentah dari titik nyala rendah, volatilitas yang tinggi  dan fluiditas rendah , api merambat cepat pada minyak.
2.      Permukaan dan aliran udara panas dalam nyala turbulen.
3.      Suhu tinggi, radiasi, lapisan panas yang kuat dan tebal.
4.      Suhu dalam nyala pusat mencapai 1050 -1400 derajat celcius.
5.      Permukaan minyak mudah reburn.kecepatan panas transmisi dalam lapisan minyak cepat dan waktu  terbakar yang lama di tangki minyak dapat menyebabkan tumpahan.
Hasil menunjukkan bahwa kemampuan sistem pemadam kebakaran ini harus ditingkatkan sampai setidaknya 6-10 kali untuk memenuhi kebutuhan untuk memadamkan kebakaran permukaan penuh tangki  skala besar.Program merekonstruksi sistem pemadam kebakaran disediakan untuk menangani kebakaran permukaan penuh tangki atap terapung skala besar pada akhirnya.Berikut tabel parameter rancangan system pemadam kebakaran menurut API.
Tabel 1 .Parameter Rancangan Sistem Pemadam Kebakaran
Rancangan Item
Parameter
Total Aplikasi Larutan Busa-Air  (L/min)
63,700
Tingkat Aplikasi Air untuk Mencampur Busa (L/min)
61,789
Waktu Minimum melepaskan (min)
240
Proporsi pencampuran Busa
3 %
Konsumsi air untuk Pencampuran Busa ()
14,829.36
Konsentrat Penyimpanan Busa ()
458,6
Aplikasi Tingkat Semprotan Ai(L/min)
98,550
Waktu Penyemprotan (min)
240
Jumlah Konsumsi Air Untuk Mendinginkan ()
23,652
Jumlah Tingkat Aplikasi Air (L/min)
160,339
Jumlah Minimum Penyimpanan  ()
38,481.36
             
Meskipun kebakaran tangki atap terapung skala  besar berisiko tinggi dan probabilitasnya rendah,namun akan menyebabkan kerugian yang besar bagi bangsa dan efek yang merugikan pada lingkungan.Untuk itu kemampuan departemen pemadam kebakaran di China harus ditingkatkan sesegera mungkin serta  memperbaiki infrastruktur kebakaran dan peralatan dalam rangka memperkuat kemampuan yang berurusan dengan api skala besar dan juga  untuk mengoptimalkan peralatan sistem pemadam kebakaran.

Refrensi

                         Xu-qingFP.F LANG, Quan-zhen LIU, Hong GONG Hong.2011. Study of Fire        Fighting System to Extinguish Full Surface Fire of Large Scale Floating Roof Tanks.Procedia Engineering,Volume 11, Halaman 189195.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments