Popular posts

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My Photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Monday, June 17, 2013


Oleh : Dina Mayang Sari. 6511040071. 
Teknik Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, PPNS.


Pernahkah anda mengamati terjadinya suatu kebakaran yang dahsyat?. Kebayang tidak diotak anda mengapa kebakaran itu bisa terjadi?. Dan bagaimana sih cara pencegahan dan penanggulangannya?.
Kebakaran merupakan suatu reaksi oksidasi eksotermis yang berlangsung dengan cepat dari suatu bahan bakar yang disertai dengan timbulnya api atau penyalaan. Tiga unsur kebakaran yaitu adanya bahan bakar ( fuel), panas (heat), dan juga oksigen (O2) yang saling bereaksi. Kebakaran bisa terjadi disebabkan karena adanya unsafe action dan unsafe condition. Unsafe action misalnya, pekerja yang membuang putung rokok sembarangan. Unsafe condition misalnya, adanya tumpahan bahan-bahan kimia diarea tempat kerja. Hal tersebutlah yang dengan cepat dapat menimbulkan terjadinnya suatu kebakaran.
Selanjutnya bagaimana cara pencegahannya?. Adakah teknologi khusus yang dirancang guna mendeteksi awal terjadinya kebakaran?.
Deteksi kebakaran dan penanggulangan kebakaran merupakan suatu pekerjaan yang berbahaya yang selalu menempatkan kehidupan seorang pemadam kebakaran dalam keadaan bahaya. Oleh karena itu, peran dan tanggung jawab  tugas pemadaman kebakaran harus diganti atau dibantu setidaknya sebagian oleh mobile robot atau yang disebut AFFMP (Autonomouns Fire Fighting Mobile Platform). AFFMP merupakan suatu peralatan teknologi modern yang berbentuk seperti mobil robot dan ditugaskan untuk melakukan pemadaman diarea rawan kebakaran dengan aman dan melanjutkan patroli diarea sekitar, selain itu untuk  membantu menghindari insiden yang tidak diinginkan atau hilangnya nyawa manusia dan harta benda.
Pengembangan AFFMP dilengkapi dengan peralatan pemadam dasar yang dapat berpatroli melalui situs berbahaya, dengan tujuan mendeteksi secara dini awal terjadinya suatu kebakaran sambil terus memindai api melalui sensor api yang ada dibagian mobile robot tersebut. Mobile robot ini akan melakukan patroli dan menemukan sumber nyala api dengan fitur pemantauan terus menerus selama 24 jam per hari. Jika api terdeteksi, AFFMP dengan segera akan melakukan pemadaman dengan menggunakan sub-sistem pemadam kebakaran yang terpasang pada platform. Selanjutnya AFFMP terus melakukan patroli. Tugas AFFMP setelah menavigasi keluar dari rute patroli untuk menghindari rintangan dan menemukan posisi sumber nyala api menggunakan sensor api depan dan memadamkam api kebakaran. Untuk mendeteksi sumber nyala api, inputan dari sensor api harus ada kaitannya dengan daerah sekitar untuk menghindari gangguan eksternal dan mobilitas AFFMP sebelum penyebaran platform. Semua proses yang terjadi pada mobile robot ini secara mandiri tanpa adanya kontrol manusia karena semua proses berjalan otomatis.
Metodologi pelaksanaannya yaitu pembangunan AFFMP, interfacing hardware seperti drive sirkuit bermotor, LDR sensor sirkuit, Flame Sensor, dan algoritma yang dikembangkan untuk mikrokontroler. Mobile robot ini terdapat empat pasang LED putih dan LDR sensor yang digunakan untuk memastikan AFFMP selalu menyelaraskan diri didalam jalurnya jika tidak ada sumber api yang terdeteksi. Hasil dari pengembangan proyek mobile robottersebut dapat ditemukan bahwa sensor IR lebih cocok untuk mendeteksi benda-benda sementara ,sedangkan LDR sensor lebih cocok digunakan untuk baris tujuannya karena sensivitas deteksi yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan dengan sensor IR.
Tabel Perbandingan Karateristik Sensor IR & LDR Sensor

Infrared (IR) Sensor (Emitter
&Receiver)
LED (Emitter) &(LDR)
(Receiver)
Warna Emitter
Transparant
Putih
Warna Receiver
Hitam
Coklat Terang
Warna Latar
Hitam
Putih
Warna Garis Jalur
Putih
Hitam
Strategi Deteksi
Logika'1'untuk mendeteksi jalur.
Logika'0'untuk mendeteksi
latar belakang permukaan.
Logika'0'untuk mendeteksi jalur.
Logika'1'untuk mendeteksi
latar belakang permukaan.
Teori/Konsep Belakang Strategi Deteksi
Warnaputihmencerminkancahaya kembali semuadan menghasilkanlogika'1'.
Secara default: Logika'0 '.
Warna hitammenyerapsemua lampudari emitordan menghasilkanlogika'0'.
Secara default: Logika'1
'.
Rentang Deteksi
≤ 1 cm
≤ 2 cm
Sensitivitas
Rendah & kinerja tidak konsisten untuk deteksi.
Tinggi & kinerja yang konsisten untuk deteksi.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa bahwa diera modernisasi ini kehadiran mobil robot AFFMP sangat berguna untuk membantu para petugas pemadam kebakaran dalam pendeteksian maupun penanganan ketika terjadi suatu kebakaran.


Reference: 1Khoon, Teh Nam; 2Sebastian, Patrick; 3Saman, Abu Bakar Sayuti.2012.”Autonomous Fire Fighting Mobile Platform”, Engineering Procedia, Volume 41, Halaman 1145-1153.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments