Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Monday, June 17, 2013


Dalam kasus ini kita akan mempelajari tentang aplikasi yang mempelajari tentang pengendalaian proteksi kebakaran hanya lewat computer saja. Ide ini juga telah diterima oleh pihak internasional dengan hal - hal yang telah dibuat seperti FDS (fire simulation software) dimana software ini berisi tentang keamanan dari bahaya kebakaran. Selain FDS juga ada jalur evakuasi atau disebut personal evacuation software, dimana software ini berisi tentang jalur evakuasi atau emergency exit jika terjadi kebakaran. Semua ini akan diatur atau diawasi oleh petugas hanya lewat computer saja. Tentu hal ini akan memudahkan para petugas, apalagi aplikasi ini juga memproteksi kebakaran secara detail. Selain itu evakuasi dengan cara seperti ini juga sangat efisien.
Sistem ini juga dapat diaplikasikan pada lift, mobil, hydrant indoor dan outdoor sehingga saat terjadi kebakaran semuas perangkat siap digunakan secara otomatis, sehingga kebakaran dapat cepat ditanggulangi. Aplikasi ini juga memberikan beberapa tujuan, diantaranya :
1.      Memastikan evakuasi berjalan lancar dan tepat pada saatnya.
2.      Mencegah penyebaran api, mengurangi kerugian harta benda dan melindungi lingkungan
3.      Dapat mendeteksi peralatan agar bekerja pada saat yang tepat

Dalam aplikasi ini juga dihubungkan dengan Fire Smoke Spread, sehingga pada saat ada konsentrasi asap dengan intensitas yang telah ditentukan selanjutnya secara otomatis akan mengirimkan sinyal ke computer yang selanjutnya akan dilakukan langkah – langkah selanjutnya. Sebelumnya cara ini telah dianalisis lewat program Building and Fire Research Laboratory yang berada di National Intitute of Standart and Technology.
Selain itu ada beberapa manfaat lain dari aplikasi ini, diantaranya :
1.      Cara menganalisis jumlah kerugian saat terjadi kebakaran.
2.      Kemanan yang lebih pada jalur evakuasi.

Penting dalam pembelajaran kali ini kita dapat mengetahui betapa pesatnya kemajuan dibidang teknologi dan kita dapat memanfaatkannya dengan tepat.





Faradika Dwiki Afisena / 6511040072 / K3 IV C

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments