Popular posts

What we wrote..

We're learn, write, act, then apply

SECOND

You're visitor to

Powered by Blogger.

Followers

WE ARE...

My photo
Surabaya, East Java, Indonesia
Safety Engineering at Surabaya Shipbuilding State of Polytechnic

Search what you want to find! Enjoy.

Safety Engineering - PPNS - ITS On Monday, June 17, 2013

Oleh: ALFIAN NDARU PRATAMA 
6511040086/K3-4C
Kebakaran merupakan bencana yang sering terjadi hampir di semua tempat seperti di pemukiman warga, gedung-gedung, hutan dll. Kebakaran merupakan bencana yang di akibatkan oleh kesalahan manusia maupun alam seperti : konsleting listrik, membuang bekas rokok sembarangan, cuaca yang terlalu panas dan petir. Kebakaran sering tidak di ketahui warga sehingga api menjadi besar seperti di daerah hutan atau rawa-rawa yang jarang ada penghuni. Jayavardhana Gubbi, Slaven Marusic, Marimuthu Palaniswami pada penelitiannya mengembangkan tentang Deteksi asap dalam video menggunakan gelombang yang di dukung oleh mesin vector.
Penelitian dari mereka menerangkan tentang detektor yang dapat mendeteksi terjadinya kebakaran dengan adanya asap yang berada di lingkungan sekitar. Cara kerjanya di bantu dengan mesin vector dan kamera yang dapat mendeteksi adanya asap dari kebakaran dan dapat terdeteksi dalam komputer dan dapat terdeteksi dalam gelombang yang terlihat dalam komputer. Sistim peringatan dini merupakan hal yang penting dalam memberikan respon darurat. Kamera Cheap dan daya komputasi telah memungkinkan desain dari pendeteksian kebakaran yang menggunakan sisitim video pengawas yang mendeteksi asap di alam bebas. Ini sangat penting dalam sekenario dalam skenario dimana pendeteksi asap yang di amati bahwa asap yang terlihat sebelum ada api menyala dapat terdeteksi oleh kamera pengawas dan dapat di ketahui di dalam komputer. Metode baru untuk karakteristik asap menggunakan gelombang dan di dukung oleh mesin Vector. Metode ini telah di lakukan berbagai macam uji coba seperti pada kebakaran hutan dan kebakaran terowongan dan hasilnya sangat memuaskan, asap yang berada di alam bebas dapat terdeteksi di dalam komputer.
Sebuah pendekatan baru berdasarkan wavelet dan vektor dukungan Mesin telah diusulkan untuk deteksi asap. Mesin ini bekerja dengan baik dengan menggunakan pendekatan berbasis blok serta pada gerak segmen gambar. Pada pengujian  diperoleh pada video yang diambil dari kebakaran hutan. Hal ini menunjukkan bahwa 60 diekstrak fitur efisien dapat mewakili asap di diuji skenario. Metode ini memiliki fleksibilitas untuk menganalisis asap setiap beberapa detik hanya menggunakan beberapa frame daripada berkelanjutan pemantauan. Hal ini juga dapat digunakan dengan sistem yang memiliki gerak kemampuan deteksi. Tampilan kamera meliputi daratan dan awan, di mana kebingungan yang signifikan dibuat karena warna kesamaan antara unsur-unsur yang berbeda dari adegan dan gambar. Hal ini dapat dilihat dengan jelas bahwa asap menyebar signifikan di bagian atas gambar yang merupakan indikasi ahigh angin skenario. kamera dan masukan untuk algoritma kami adalah gambar JPEG dari frame video. Kamera yang digunakan adalah kamera CCD.


REFRENSI :
Gubbi Jayavardhana, Marusic Slaven, Palaniswami Marimuthu,2009.Smoke detection in video using wavelets and support vector machines. Fire Safety Journal, vol.44 (2009) 1110-1115.







Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments